Home INFO Cara Aman Berinternet di Android

Cara Aman Berinternet di Android

65
0

Sekarang orang lebih suka mencari informasi melalui smartphone karena kapanpun bisa mengakses internet. Aplikasi browser yang semakin baik dengan dukungan versi web mobile responsive membuat tampilan website tidak kalah dengan saat membuka di layar PC. Dibeberapa browser juga ada pengaturan yang mengatur website bisa dibuka dengan tampilan seperti versi dekstop. Dengan makin lengkapnya layanan pada browser yang ada di smartphone membuat orang lebih mudah dan memilih mengakses internet di ponsel daripada di PC. Buktinya dulu zaman smartphone belum secanggih sekarang, orang berduyun-duyun ke warnet untuk sekedar mengakses informasi.

Sekarang jamannya ponsel Android, tetapi banyak yang belum mengerti bagaimana cara aman berinternet di Android. Banyak kasus penipuan, pembajakan, pencurian data karena tidak paham bagaimana menggunakan internet yang aman di ponsel Android. Berikut ini cara aman berinternet di Android menurut hapebaru.com yang diringkas dari berbagai sumber seperti microsoft, google, dan sumber lain yang terpercaya.

  • Selalu update browser yang kalian gunakan ke versi paling baru
  • Selalu update browser ke versi terbaru merupakan hal penting yang sebagian orang malah mengabaikannya. Update versi terbaru menambahkan layanan baru, peningkatan performa browser, dan yang terpenting memperbaiki bug-bug atau celah kesalahan yang ada di versi lawas

  • Mengakses internet di mode penyamaran
  • Mengakses internet pada mode penyamaran akan membuat kalian aman karena saat browsing menggunakan mode penyamaran maka browser tidak akan menyimpan riwayat pencarian, cookie, dan data situs sehingga lebih aman saat sedang browsing menggunakan akun-akun seperti facebook, twitter, wordpress. Mode penyamaran tiap browser berbeda nama, di Chrome jendela penyamaran, di Microsoft Edge namanya InPrivate Window, di mozilla namanya Private window.

  • Jangan berkunjung ke website yang meragukan
  • Lebih berhati-hati saat mengunjungi situs website, pilih web yang memberikan akses aman dengan melihat tanda gembok hijau aman di kolom url yang berarti website sudah menggunakan alamat https

  • Jangan menyimpan username dan password di browser
  • Saat login biasanya ada popup notifikasi di browser yang berisi pertanyaan apakah ingin menyimpan username dan password di browser. Tujuannya browser memberikan kemudahan jika saat ingin masuk ke akun tertentu tidak perlu lagi mengetik username dan password. Tetapi masalahnya jika ponsel lagi dipinjam atau hilang dan orang tertentu menyalahgunakan akun username dan password yang tersimpan bisa jadi bahaya. Lebih baik tidak menyimpan data akun di ponsel android.

  • Lebih berhati-hati dengan spam
  • Jangan klik link yang tidak diketahui atau dari pihak-pihak yang tidak dikenal. Bisa jadi itu link virus

  • Jangan lupa selalu logout akun
  • Saat masuk ke akun seperti facebook, twitter, wordpress, instagram setelah selesai jangan lupa untuk selalu logout. Hal ini menghindari saat ponsel tiba-tiba hilang atau lagi dipinjam teman dan mereka saat membuka browser melihat akun belum dilogout bisa disalahgunakan untuk diganti data akunnya.

  • Menggunakan layanan Antivirus yang mendukung internet Security
  • Dengan menggunakan layanan Antivirus maka website-website yang memuat unsur pembajakan, pornografi, sara, dan kejahatan akan terfilter otomatis sehingga berinternetan akan lebih aman lagi.

Itulah beberapa cara aman berinternet di Android yang bisa dicoba. Selalu bijak dan berhati-hati saat menjelajahi dunia internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.