Home INFO 2 Hal Penting Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Root Android

2 Hal Penting Yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Root Android

1958
0

Bagi kalian yang hobi ngeroot ponsel pasti sudah hafal tahapan-tahapan proses root yang aman, bagaimana cara root yang mudah tanpa pc, rekomendasi aplikasi-aplikasi membutuhkan akses root yang wajib diinstal, keuntungan dan kerugian melakukan root, dan tentunya sudah fasih dengan namanya TWRP maupun custom room. Proses root ponsel android tidak sepenuhnya mudah karena kalau tidak paham atau tidak mengerti langkah-langkahnya bisa berakibat ponsel kalian mengalami brick maupun bootloop. Jadi sangat penting untuk memperhatikan tutorial yang diberikan di situs-situs yang memberikan tips root android.

Jika kalian sudah berhasil root android di ponsel dan ingin segera menginstal aplikasi atau mengeflash custom room ada 2 hal penting yang sebaiknya dilakukan setelah root android yang bisa kalian coba. Akan tetapi terkadang ada beberapa pengguna atau justru kalian yang hobi root ponsel sering kali tidak mengetahui bahwa ada 2 hal penting yang sebaiknya dilakukan setelah root android yang terlewatkan setelah selesai melakukan root. Dibawah ini 2 hal yang mesti kalian coba:

2 HAL PENTING YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN SETELAH ROOT ANDROID

Buang aplikasi bawaan android yang tidak berguna (Bloatware)

Setiap kalian membeli ponsel android baru, pasti ada beberapa aplikasi bawaan yang jarang digunakan atau malah tidak berguna yang terinstal. Beberapa aplikasi tersebut tidak bisa dihapus jika ponsel dalam keadaan normal tanpa akses root. Jika ingin menghapus aplikasi-aplikasi bawaan maka ponsel kalian harus dalam kondisi root untuk bisa menghapusnya. Dengan menghapus aplikasi bawaan, kalian bisa menambah kapasitas memori penyimpanan ponselmu agar lebih besar.

Setelah di root, perlu menginstal aplikasi yang dapat menghapus aplikasi bawaan ponsel dengan menginstal aplikasi yang bisa kalian dapatkan di playstore. Ada banyak aplikasi gratisan di playstore yang berfungsi menghapus Bloatware, salahsatunya System app remover. Dengan aplikasi tersebut ada pilihan yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan dan paling penting jangan sampai salah hapus aplikasi maupun sistem yang seharusnya tidak boleh dihapus.

Backup data ponsel keseluruhan

Cara kedua ini sangatlah penting, yaitu membackup data untuk menghindari kehilangan data-data penting supaya mempunyai cadangan file jika suatu saat masih ingin digunakan. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa dicoba salahsatunya Titanium Backup. Dengan Titanium Backup kalian bisa membackup sistem maupun aplikasi yang sudah terinstal dan memulihkannya lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.